Sabtu, 10 Oktober 2009

WEB BROWSER

WEB BROWSER

World Wide Web (WWW) biasanya disebut sebagai Web adalah sebuah jaringan komputer (network) yang terdapat diseluruh dunia. Semua komputer dalam Web dapat berkomunikasi satu sama lainnya dengan menggunakan standart komunikasi yang dinamakan HTTP.

Komponen Teknologi Web

  1. Web Server
  2. Web Client
  3. URL
  4. HTTP
  5. HTML
  6. CSS

URL (Uniform Resource Locater)

Merupakan aturan dalam penulisan alamat pada Web Browsing agar dapat diakses secara langsung untuk menuju lokasi dan meng-akses informasi pada World Wide Web.

Web Browser

Merupakan pintu gerbang untuk menuju World Wide Web. Browser adalah software client yang mengizinkan untuk mengakses dan menampilkan beberapa dokumen pada Web.


Web Client

Merupakan Komputer pembaca Web pages dimana informasi Web disimpan dalam dokumen yang disebut Web pages.

· Bila menggunakan sebuah Web browser untuk menuntun ke Web, maka software browser akan berperan sebagai sebuah client.

HTTP (Hypertext Transfer Language)

Merupakan aturan penyeragaman agar bisa sinkron dengan yang lain/standart komunikasi yang digunakan komputer dalam web.

- HTTP request

  • Browser menjemput sebuah Web page dari sebuah server dengan menggunakan request (permintaan).
  • Sebuah request adalah standart dari permintaan HTTP yang berisi sebuah page address.

- HTTP response

  • Tanggapan dari server untuk mencari halaman yang diminta oleh client

HTML ((Hypertext Markup Language)

Merupakan instruksi untuk menampilkan informasi ke client. HTML menyediakan instruksi-instruksi untuk software client dalam hal bagaimana dokumen tersebut akan di displaykan. HTML juga memiliki informasi tentang bagaimana menyambungkan sebuah dokumen ke dokumen lainya pada Web.


TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)

Merupakan standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.


Web Server

Web server merupakan mesin dimana tempat aplikasi atau software beroperasi dalam mendistribusikan web page ke user, tentu saja sesuai dengan permintaan user.

Tugas web server ada 2 (dua), yaitu:

  1. Menerima permintaan (request) dari client, dan
  2. Mengirim apa yang diminta oleh client (response).

Cara kerja web dapat dilihat pada gambar dibawah:

Penjelasan gambar :

  1. Client memiliki browser dan terhubung ke web server melalui jaringan internet begitu juga dengan server
  2. Pertama-tama, client akan meminta suatu halaman ke web server untuk ditampilkan di komputer client. Misalnya client mengetikan suatu alamat (URL) di browser http://www.google.com. Client menekan tombol enter atau klik tombol Go pada browser. Melalui media jaringan internet, dan melalui protocol http,akan dicarilah alamat bernama www.google.com. Jika ditemukan, maka seolah-olah terjadi permintaan, inilah yang disebut request.
  3. Sekarang dari sisi server (web server) yang mendapat permintaan halaman utama google dari client, si server akan mencari-cari di komputernya (web file) halaman sesuai permintaan. Namanya juga mencari, kadang ketemu, kadang juga tidak ketemu. Jika ditemukan, maka halaman yang diminta akan di tampilkan (display) dan akan dikirimkan ke client (si peminta), namun jika tidak ditemukan, maka server akan memberi pesan “Page Not Found”, yang artinya halaman tidak ditemukan (responce).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar